#19 Soup kentang, Apel dan Sumsum Sapi

Soup Kentang, Apel & Sumsum Sapi

Potato-apple soup-coretan_gadoGado
soup kentang & sumsum sapi fit diet dan menu sehat ramadhan.

Soup biasanya sebagai makanan pembuka. Namun soup kentang dan apel ini kaya vitamin dan protein dan lemak sumsum serta kedelai maka membuat saya cukup fit di saat diet dan tidak nafsu makan atau panganan saat buka puasa di musim dingin.

Dalam sumsum tulang sapi terkandung banyak zat gizi yang sangat di butuhkan termasuk zat besi dan sumsum sapi membantu meningkatkan imun dan kekebalan tubuh ketika menghadapi musim winter. Sebah itu saya suka mengolah soup ini di masa masa dingin dan beku dengan takaran yang wajar.
Dan membuatnya sangat simpel dapat di kerjakan pagi hari atau malam saat senggang setelah matang simpan di kulkas dan sajikan panas dan hangat ketika jam makan.

Porsi: 3-4 personen

3 kentang besar
2 Swiss apple / hijau (asam manis)
1 Adas manis
2 bawang bombay kecil
2 bawang putih
Sedikit garam
4 pc tulang sumsum sapi
1 lt air
1dl Soja cream / cream cair.

Cara:

• Apple n kentang kupas, buang biji n kulit lalu potong potong kecil. Perpaduan buah apel dan kentang menghasilkan rasa soup yang nikmat dan segar.

• Godok tulang sumsum dengan 1 lt air ca. 15 menit lalu buang busa yang mengapung setelah air bersih tampa busa masukan bawang merah, putih yang sudah di cuci dan diiris kasar + adas dan garam, kentang-apple. Kecilkan api tutup wajan dan godok kembali 20 menit dengan api sedang. Tambahkan air jika perlu.

• Sumsum setelah matang angkat lalu sisihkan di tempat terpisah dan adas di buang. Kemudian saat kentang, apple empuk matikan api, masukan soja cream dan blander pakai mixer sampai lembut.

• Setelah soup menjadi lembut rasanya cukup, masukan kembali tulang sumsum dan masak dengan api kecil ca. 7 menit. Tutup wajan.

• Soup siap di hidangkan, taburi jika suka mix papper / blackpepper.

Note:

1. Pemberian garam sesuai selera.
2. Adas kering / bubuk.
3. Soja cream cair/ cream cair
4. Komsumsi tulang sumsum dengan porsi tidak berlebihan
5. Di kulkas simpan dalam wadah yang bersih tahan 2 hari.
6. Ca. (+/-)

Tinggalkan komentar